Cari Blog Ini

Memuat...

Senin, 29 Agustus 2011

Macam-macam Shalawat


Membaca Sholawat merupakan suatu amalan yang sangat dianjurkan bagi kita kaum Muslimin dan sungguh luar biasa keagungan yang terkandung di dalamnya. Bahkan Sayyid Muhammad bin Alwi Al-Maliki dalam kitabnya Abwabul faraj menulis 38 keutamaan membaca Shalawat.
Dibawah ini kami sebutkan aneka ragam Shalawat yang sebagian besar kami ambilkan dari kitab yang mu'tabar seperti Afdlolus sholawat, Bughyatul Mustarshidin karya Sayyid Abdurrahman bin Muhammad Ba'alawi dan buku kumpulan sholawat lainnya, yang kesemua dari sholawat tersebut terdapat beragam khasiat, sesuai dengan namanya masing-masing.
1. Sholawat Ibrahim
اَلَلّّهُمَ صَلِّ عَلَى سَيِّدِ نَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِ نَا محُمٍَّد كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى سَيِّدِ نَا إِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى آلِ سَيِّدَ نَا إِبْرَاهِيْمَ وَبَارِكْ عَلَى سَيِّدِ نَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِ نَا مُحَمَّدٍ كَمَا بَا رَكْتَ عَلَى سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى آلِـ سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيْمَ فِى اْلعَالَمَِيْنَ ِانَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ.
Khasiatnya :
- Sholawat Ibrohim sebagaimana yang diajarkan Nabi Muhammad SAW, sekaligus sholawat Nabi yang sering digunakan umat Islam dalam sholatnya. Sholawat satu ini mampu menumbuhkan satu pengaruh kuat yang muncul dari batin sang pengguna, memiliki wibawa dan kharismatik ketika orang memandang kepada dia.
2. Sholawat Munjiyat
اَلَلّّهُمَ صَلِّ عَلَى سَيِّدِ نَا مُحَمَّدٍ صَلاَةً تُنْجِيْنَا ِبهَا مِنْ جَمِيْعِ اْلاَهْوَالِ وَاْلاََفَاتِ وَتَقْضِى لَنَا ِبهَا جَمِيْعَ الْحَاجَاتِ وَتُطَهِّرَنَا ِبهَا مِنْ جَمِيْعِ السَّيِّئَاتِ وَتَرْفَعُوْنَ ِبهَا عِنْدَكَ اَعْلَى الدَّرَجَاتِ وَتُبَلِّغُنَا ِبهَا اَقْصَى الْغَايَاتِ مِنْ جَمِيْعِ الْخَيْرَاتِ فِى الْحَياةِ وَبَعْدَ الْمَمَاتِ.
.Khasiatnya :
- Intisari khasiat Sholawat Munjiyyat ialah diberi keselamatan dunia akhirat dan selalu dipenuhi semua hajatnya.
- Wiridlah 1000 kali dalam sehari semalam, insya Allah segala kesulitan hidup mudah terselesaikan. Hati akan tenang dan bahagia, rizqi mudah didapat, mudah memperoleh pekerjaan, naik pangkat, dan lain-lain.
- Wiridlah 41 kali insya Allah harapannya akan cepat tercapai.

3. Sholawat Nariyyah
اَلَلَهُمَّ صَلِّ صَلاَةً كَامِلَةً وَسَلِّمْ سَلاَمًا تَامًّا عَلَى سَيِّدَنَا مُحَمَّدِنِالْذِي تَنْحَلُ بِهِ اْلعُقَدُ وَتَنْفَرِجُ بِهِ اْلكُرَبُ وَتُقْضَى بِهِ الْحَوَائِجُ وَتُنَالُ بِهِ الرَّغَائِبُ وَحُسْنُ الْخَوَاِتمْ وَيُسْتَسْقَى اْلغَمَامُ بِوَجْهِهِ اْلكَرِيْمِ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ فِى كُلِّ لَمْحَةٍ وَنَفَسٍ بِعَدَ دِ كُلِّ مَعْلُومٍ لَكَ.
Sholawat ini disebut sholawat Tafrijiyah, tetapi para Ulama Maghribi ( Istilah untuk menyebut daerah Afrika Utara seperti Aljazair, Maroko, dan sekitarnya ) menyebutnya dengan nama popular "Sholawat Nariyyah ".
Khasiatnya :
- Untuk menghindarkan bencana, maka wiridkanlah 21 kali tiap selesai sholat maghrib dan shubuh.
- Bisa sebagai sarana do'a agar barang yang hilang bisa kembali atau ketemu, dengan mewiridkan sebanyak 4.444 kali.
- Untuk mempercepat selesai dan memeperkokoh suatu bangunan , baik gedung, rumah, dan lain-lain dengan mewiridkan sebanyak 4.444 kali sambil mengitari bangunan tersebut. (Ijazah dari Kyai Mushlih Mranggen Demak)
- Untuk mempermudah terkabulnya hajat, melancarkan rizqi, di lepas dari kedukaan, di baca 100 kali setiap hari.
- Akan di mudahkan dalam mencapai hasil yang baik dalam setiap usaha, di baca 41 kali ba'da sholat shubuh (Dari Syech Muhammad At-Tunisi).
4. Sholawat Thibbul Qulub
اَلَلّّهُمَ صَلِّ عَلَى سَيِّدِ نَا مُحَمَّدٍ طِبِّ اْلقُلُوْبِ وَدَوَائِهَا وَعَافِيَةِ اْلاَبْدَانِ وَشِفَائِهَا وَنُوْرِ اْلاَبْصَارِ وَضِيَائِهَا وَقُوَّتِ اْلاَرْوَاحِ وَغَذَائِهَا وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَِّم.
Khasiatnya :
- khasiat secara umum adalah untuk menyembuhkan hati. Orang yang sering membaca sholawat ini insya Allah selalu gembira meskipun di terpa banyak bencana.
- Bila dibaca ( diwirid ) 15 kali tiap selesai sholat lima waktu, insya Allah akan dijauhkan dari berbagai penyakit hati dan badan.
- Menyembuhkan sakit perut, bacalah 7 kali lalu ditiupkan pada air yang sudah disediakan, insya Allah sakitnya bisa sembuh bila airnya diminum.
5. Sholawat Fatih
Sholawat ini disusun oleh Abu Al-Makarim Asy-Syekh Muhammad Samsuddin bin Abi Al- Hasan Al-Bakri, seorang wali besar dan keturunan Sayyid Abu Bakar Ash-Shidiq. Demikian keterangan dalam kitab Afdholush-Showat 'Ala Sayyid As- Sadat (hal : 134), Karya Yusuf bin Isma'il An-Nabhani.
اَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّم وَبَارِكْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدِنِالْفَاتِحِ لِمَا اُغْلِقَ وَالْخَاتِمِ لِمَا سَبَقَ وَالنَّاصِرِ الْحَقِّ بِالْحَقِّ وَالْهَادِى إِلَى صِرَاطِكَ الْمُسْتَقِيْمِ صَلَّى اللهُ عَلِيْهِ وَعَلَى آلِهِ وَاَصْحَابِهِ حَقَّ قَدْرِهِ وَمِقْدَارِهِ اْلعَظِيْمِ.
Kitab itu mengutip keterangan dari Sayyid Ahmad Zaini Dahlan, yang mengatakan, sholawat ini termasuk amalan yang bermanfaat bagi siapa saja baik pemula, orang yang berada pada tingkat pertengahan ataupun yang telah berada di tingkat lanjut.
Khasiatnya :
- Barang siapa yang membaca sholawat Fatih satu kali maka pahalanya seperti membaca sholawat biasa 1000 kali ." Ada yang mengatakan pahalanya seperti membaca sholawat 600.000 kali.
- Sangat baik sekali dibuat adzan ba'da shubuh, insya Allah akan di lapangkan segala urusan rizqi atau problem-problem lain.
- Barang siapa mengamalkan secara rutin setiap hari 100 kali, akan tersingkap baginya hijab, mendapat cahaya, dan terpenuhi hajatnya yang nilainya hanya diketahui Allah SWT.
- Berkat sholawat ini dosa-dosa kecil akan terampuni bila di lakukan dengan istiqomah. Di baca 11 kali selama 40 hari.
6. Sholawat Nuril Anwar
Sholawat ini disusun oleh wali quthb, Sayyid Ahmad Al-Badawi Rahimahullahu Ta'ala.
اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى نُوْرِ الْاَنْوَارِ , وَسِرِّ الْأَسْرَارِ وَتِرْيَاقِ الْأَغْيَارِ وَمِفْتَاحِ بَابِ الْيَسَارِ سَيِّدِنَا وَمَوْ لاَنَا مُحَمَّدِنِالْمِخْتَارِ وَآلِهِ اْلاَطْهَارِ اَصْحَا بِهِ الْأَ خْبَارِِ عَدَدَ نِعَمِ اللهِ وَاَفْضَالِهِ.
Khasiatnya :
- Orang yang mewirid shalawat diatas secara istiqomah sehabis shalat lima waktu, insya allah dia akan diberi kemudahan soal rizkinya, terhindar dari segala bahaya dan kedzaliman, dimudahkan semua urusannya dan dia akan memperoleh hati yang tenang.

7. Sholawat Syifa’
اللَّهُمَّ صَلِّ عَلىَ سَيِّدِ نَا مُحَمَّدِنِالْحَبِيْبِ اَلْمَحْبُوْبِ شَافىِ الْعِلَلِ مُفَرِّجِ الْكُرُوْبِ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَِّم.
Khasiatnya :
- Orang yang istiqomah berwirid sholawat syifa' akan diberi kesehatan lahiriyah dan batiniyah. Insya Allah.
- Tubuhnya akan senantiasa kuat dan bertenaga. Insya Allah.
8. Sholawat Haji
اللَّهُمَّ صَلِّ عَلىَ سَيِّدِ نَا مُحَمَّدٍ صَلاَةً تُبَلِّغُنَا ِبهَا حَجِّ بَيْتِكَ الْحَرَامِ وَزِيَارَتِ قَبْرِ نَبِيِّكَ عَلَيْهِ اَفْضَلَ الصَّلاَتِ وَالسَّلاَمِ فىِ لُطْفٍ وَعَافِيَةٍ وَسَلاَمَةٍ وَبُلُوْغِ الْمَرَامِ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَبَارِكْ وَسَلَّم.
Khasiatnya :
- Orang yang istiqomah membaca sholawat ini sebanyak 99 kali setiap selesai sholat fardhu, insya Allah keinginannya untuk segera naik haji ke baitullah segera terkabul. Atau setiap malam jum'at membacanya sebanyak 333 kali.
9. Sholawat Hifdzil Qur'an
اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدَ نَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ صَلاَةً اَنَالُ بِسِرِّ هَا حِفْظِ اْلقُرْآنِ وَالْعَمَلَ بِهِ وَارْزُقْنِي مِنْهُ عِلْمًا مُنِيْرًا وَسَلِّمْ تَسْلِيْمًا كَثِيْرًا.
Khasiatnya :
- Sholawat ini khusus untuk orang yang menghafal al-qur'an (hufadz), insya Allah akan diberikan kemudahan dalam menghafal, mudah ingat, tidak akan hilang, dan kelak perbuatannya tidak akan keluar dari jalur menghafal al-qur'an, sehingga al-qur'an tidak akan berubah menjadi bencana bagi si penghafal. Amin !
10. Sholawat Qothbul Aqthob
Sholawat ini di susun oleh Al-Ghoutsul Bilad Al-habib Abdullah bin Alwi bin Muhammad Al-haddad atau pengarang ratib terpopuler di dunia "Ratib Al-Haddad" (beliau dimakamkan di zanbal, Tarim Hadramaut).
اَلَلَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدَ نَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ فىِ اْلأَوَّلِيْنَ وَصَلِّ عَلىَ سَيِّدِنَ مُحَمَّدٍ فىِ اْلآخِرِيْنَ وَصَلِّ عَلَى سَيِّدِنَ مُحَمَّدٍ فىِ النَّبِيِّنَ وَصَلِّ عَلَى سَيِّدِنَ مُحَمَّدٍ فىِ الْمُرْسَلِيْنَ وَصَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا وَصَلِّ عَلَى فىِ الْمَلاَءِ الْأَعْلىَ اِلىَ يَوْمِ الدِّيْنِ.
Khasiatnya :
- Bisa digunakan sebagai alternatif obat misal sakit kepala, sakit panas, atau sakit-sakit ringan lainnya, maka cukup membaca sholawat ini, ditiupkan ke dalam air lalu diminum, atau telapak tangan dijadikan media lalu di rabakan pada tempat yang sakit, yang ringan cukup dibaca 7 kali dan yang sedikit berat di wirid 99 kali .
- untuk menyembuhkan sakit gila bacalah 100 kali pada tengah malam sehabis shalat hajat, insya Allah akan diberi kesembuhan oleh Allah SWT.
11. Sholawat Khusnul Khotimah
اَلَلَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدَ نَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ وَصَحْبِهِ وَسَلِّمْ عَدَدَ كُلِّ حَرْفٍ جَرَى بِهِ الْقَلَمُ .
Sholawat ini termaktub dalam kitab Bughyatul Mustarsyidin Fi talkhish Fatawa Ba'dhil A'immati minal Ulama' Al-Muta'akhirin, karya As-Sayyid Al-Alim Al-Faqih Abdurrahman bin Muhammad bin Husain bin Umar Al-Masyhur Ba'lawi.
Khasiatnya :
Al-Imam Al-Quthb Sayyid Abdullah Bin Alwi Al-Haddad berkata : "Diantara yang menjadikan seseorang meninggal dunia dalam keadaan khusnul khotimah adalah, setelah selesai mengerjakan shalat maghrib ia mengucapkan, "Ashtaghfirullah Al-Ladzii laa ilaha illa huwal hayyul qayyum alladzi laa yamutu wa atuubu ilaih, rabbighfirli, "kemudian dilanjutkan dengan shalawat diatas. Barang siapa membaca semua itu sebelum ia mengucapkan yang lain, niscaya ia akan meninggal dalam keadaan beriman.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar